-->

Mikir Pendek | Opini tentang Apa Saja

Tulisan-tulisan yang semoga kalau kalian cari positifnya, ada.

Ingin Disebut Gamers Tapi Cuma Main Game Mobile

Hape Untuk Komunikasi, Bukan Gaming?

Sebuah pertikaian yang masih sering terjadi di internet sampai saat ini yaitu seputar game. Kalau biasanya konflik antara para Gamer adalah mana konsol yang lebih baik XBOX atau Playstation, kemudian muncul gamers PC malah ikut memanaskan kalo mereka yang terbaik. Masing-masing selalu menjelekkan satu sama lain mulai dari gamenya sampai kualitas gambar. Ya padahal masing-masing platform punya kelebihannya sendiri.

Mobile Gaming Aren't Gamers
Main Game di Smartphone


Tapi mulai pada tahun 2016 keatas para gamers konsol dan PC bersatu dikarenakan suatu hal, yaitu pada saat kemunculan era gaming dengan mobile smartphone. Handphone atau smartphone yang dikenal sebagai alat komunikasi biasanya hanya memiliki game casual yang dimainkan sesaat saja, kini memiliki game-game online yang dapat menyita waktu berjam-jam layaknya game di konsol maupun PC. Saat itu pula mulai bermunculan istilah mobile gamers yang sangat tidak disetujui oleh gamer konsol dan PC. 

Saya teringat tahun 2017 pada awal mula muncul sebuah game dengan genre MOBA ke platform smartphone. Tentu saja saya ingin bilang game Mobile Legends, walaupun saya tau sebelumnya sudah ada game MOBA di smarthphone yaitu VainGlory yang tak begitu populer. Pada awal perilisan Mobile Legends banyak meme dan sindiran terhadap pemain game tersebut dengan mengatakan "MOBA kok Analog?", kemudian juga kasus bahwa mereka sepertinya plagiat dari League of Legends di PC.

Tapi seiring penyempurnaan gamenya, muncul lagi game-game mobile lain yang ternyata sukses menarik banyak pemain. Maka tak heran, PUBG yang populer di PC kemudian hadir ke ranah platform mobile untuk ikut meraih keuntungan yang pasti sangat besar melihat jumlah pengguna smartphone sangat-sangat ramai.

Walaupun saya bukan seorang gamer  tapi pada awalnya saya juga tidak sepakat menyebut pemain game di smartphone itu adalah bagian dari gamer. Ketika melihat tingkat minat pemain game di mobile yang tinggi, juga sudah tersedia beragam permainan menarik di Smartphone. Apalagi tidak heran brand-brand smartphone terus bersaing mengeluarkan smartphone dengan label gaming, maka saya dengan berat hati harus mengakui bahwa mereka juga disebut gamer.

Show Comments