-->

Mikir Pendek | Opini tentang Apa Saja

Tulisan-tulisan yang semoga kalau kalian cari positifnya, ada.

Terjadi Dentuman Misterius di Jaksel dan Jaktim

 Dugaan BMKG Terkait Dentuman di Jakarta

Menurut pernyataan Daryono yaitu Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, pada Minggu 20 September 2020 beberapa warga yang berdomisili di daerah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur melaporkan telah mendengar beberapa kali suara dentuman yang kuat antara pukul 19.00 WIB sampai 21.00 WIB. 

Dugaan BMKG terkait dentuman
Kantor BMKG

Suara dentuman yang kuat ini dikabarkan terdengar dari daerah Jakarta Selatan hingga Condet, Jakarta Timur. Pihak kepolisian setempat langsung turun tangan untuk mencari lokasi dari sumber dentuman yang terjadi. Namun polisi belum mampu memberi penjelasan selanjutnya.

Berdasarkan suara dentuman yang terus dilaporkan ke pihak BMKG, mereka memberi pernyataan bahwa ini bisa jadi karena adanya gempa dangkal. Namun anehnya pihak BMKG tidak ada menerima laporan adanya aktivitasi seismik di daerah Jakarta berhubungan dengan dentuman tersebut.

"Hasil dari monitoring petir oleh pihak BMKG menggunakan peralatan lightning detector memberikan laporan terdapat beberapa aktivitas petir yang terjadi di sekitar Gunung Salak Bogor antara pukul 19.00 sampai 21.00 WIB", Ujar Daryono. 

Pihak BMKG juga tidak ingin sebatas berspekulasi terkait sumber suara dentuman yang terjadi di Jakarta Selatan hingga Jakarta TImur. Mereka tetap mengaitkan dengan aktivitas petir yang juga terjadi pada rentang waktu suara dentuman tersebut terdengar. Maka mereka tidak mengatakan bahwa dentuman ini terjadi dari gempa bumi.
Show Comments