-->

Mikir Pendek | Opini tentang Apa Saja

Tulisan-tulisan yang semoga kalau kalian cari positifnya, ada.

Konsep Mesin Waktu Adalah Mustahil

Bisakah Kita Mengubah Masa Lalu?

Kita pernah berpikir untuk kembali ke masa lalu, entah itu kembali ke waktu kemarin, setahun lalu, puluhan tahun lalu, atau bahkan ingin kembali ke zaman dinosaurus hehehehe. Maksud kembali ke masa lalu pun bisa beragam, mulai ingin melihat-lihat sampai mengubah masa lalu agar masa depan menjadi lebih baik.


Ingat dengan alat Doraemon yang satu ini? tepat sekali, ini adalah mesin waktu yang dimiliki Doraemon untuk datang dari masa depan ke masa Nobita. Dikisahkan bahwa cucu Nobita yaitu Sewashi dari masa depan selalu hidup susah akibat dari malasnya Nobita di masa lalu. Jadi Sewashi kembali ke masa lalu dengan membawa Doraemon guna membantu Nobita belajar semasa kecilnya. Maka harapannya Sewashi bisa hidup dengan senang di masa depan.

Kalau menurut pendapat saya, logika Sewashi adalah salah. Karena, bila memang rencana dengan membawa Doraemon ke masa lalu bisa mengubah nasib Sewashi di masa depan maka seharusnya Sewashi tidak akan datang ke masa lalu, karena pada masa Sewashi, pastilah Nobita sudah sukses. Atau bahkan Nobita tidak akan mempunyai cucu bernama Sewashi, karena bila Nobita sukses di masa depan, dikisahkan Nobita tidak akan menikah dengan Jaiko adiknya Giant. Namun Nobita akan menikah dengan Shizuka, dan belum tentu mempunyai cucu dengan nama Sewashi.

Tidak masuk akal? ya hehehe, namanya juga fiktif.

Kita coba pakai logika lain yang menurut saya agak masuk akal. Kalian tau serial Dark dari Netflix yang sedang heboh ini?, serial ini juga menceritakan tentang Mesin Waktu. Saya katakan bahwa konsep time travel di serial ini sedikit bisa saya terima karena adanya paradox di dalam waktu. Ya contoh singkatnya, bila kamu kembali ke masa lalu, kemudian di masa lalu kamu menikah dengan kakekmu dan melahirkan ibumu yang mana akhirnya melahirkan kamu. Bingung kan? hehe.

Banyak sebenarnya film lain yang menceritakan konsep time travel, seperti Interstellar, Avengers End Game ataupun kartun Rick and Morty dimana setiap mereka kembali ke masa lalu akan memunculkan dunia parallel.

Yang penting adalah, kalian harus paham bahwa waktu itu sangat berharga dan bila terbuang sia-sia sungguh kalian merugi. Tanamkan kata-kata bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. 
Show Comments