-->

Mikir Pendek | Opini tentang Apa Saja

Tulisan-tulisan yang semoga kalau kalian cari positifnya, ada.

Perkara Klepon Doang Kok Segitunya?

Hubungan Klepon dengan Agama?

Kemarin seperti biasanya seorang pengangguran, saya sedang nge-scroll timeline 9gag, facebook, dan terkadang twitter untuk cari meme. Nah, kebetulan lewat tuh gambar sepiring klepon dengan sebuah caption di gambar "Kue Klepon Tidak Islami. Yuk tinggalkan jajanan yang tidak islami dengan cara membeli jajanan islami, aneka kurma yang tersedia di toko syariah kami..."
ya kira-kira begini lah gambar yang lagi viral itu :


Saya mengira bahwa ini adalah sebuah meme, karena sederhana pikiran saya adalah klepon akan "muncrat di dalam mulut" dan reaksi saya ya seperti gimana ketika melihat meme. Tersenyum sambil tertawa kecil paling. Kemudian lanjut cari meme lainnya.

Tak saya sangka bahwa pagi hari postingan tentang Klepon Tidak Islami ini viral dimana-mana. Hal yang selalu saya takutkan pasti terjadi, yaitu kaum open minded sibuk berkoar dari akun mereka masing-masing membahas perkara ini. Mulai dari yg menganggap ini candaan hingga menyerang Islam secara langsung. 

Yang saya takutkan adalah dengan viralnya  postingan-postingan model begini, citra umat Islam dianggap jelek, dianggap mabuk agama dan sebagainya. Bahkan dengan viralnya postingan begini, membuat orang-orang yang kurang filter menganggap hal ini serius hingga menimbulkan perseteruan hebat nantinya (hehehe, ga mungkin ya).

Foto ini sebenarnya pertama kali diunggah di sebuah akun facebook, yang menurut saya bahkan tidak sempat viral karena cuma memperoleh 5 share dan beberapa puluh likes. Hingga akhirnya postingan itu dihapus oleh akun yang bersangkutan. 


Berikut source arsipnya :
https://archive.md/p7D3q

Kalian boleh melihat penjelasan singkat berserta sumbernya di akun facebook Indonesian Hoaxes
https://www.facebook.com/TurnBackHoax/posts/3330772426975264

Ya inti yang ingin saya sampaikan, bila kedepannya melihat postingan sensitif  seperti ini adalah jangan terpancing emosi, tetap husnuzan dan lakukan crosscheck kebenaran informasinya. Jangan asal makan tanpa filter, dan ujung-ujungnya berkoar ga jelas. 
Show Comments